Blog untuk berbagi dan belajar.

Powered by Blogger.

[TIPS] Pilih Gembok Pagar Rumah dan Toko yang Aman


Berdasarkan pengalaman pribadi  (pernah kemalingan) dan banyak bertanya pada rekan yang polisi dan juga googling, saya akan menulis pilihan gembok yang lebih aman buat rumah atau toko kita. Tulisan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan, bukan mengajarkan cara membuka gembok ya.
Mari kita mengenal bagian-bagian dari sebuah gembok:

Gambar 1: bagian gembok standar, terdiri dari shackle (batang pengunci) dan body.
 
Perhatikan pada gambar, bahwa shackle (batang pengunci) adalah bagian yang biasa menjadi target serangan sebuah gembok karena bagian ini relatih kecil ukurannya dan biasanya terbuka.

Di Indonesia rata-rata maling menggunakan alat berikut untuk membuka gembok:

 Gambar 2: alat pembuka gembok yang biasa di pakai

1. Linggis. Dengan alat ini maling biasa menyelipkan linggis diantara celah gembok untuk kemudian mencongkelnya dan mematahkan sistem kuncian gembok tersebut. Cara terbaik menghindari serangan linggis ini adalah membeli gembok dengan ruang celah antara shackle dan body (shackle clearance) yang kecil, agar linggis tidak bisa masuk. Biasa juga di sebut model gembok closed shackle . Contoh gambar gembok closed shackle ada di bawah ini:
 Gambar 4: gembok model shackle tertutup. Shackle terlindungi dengan pelindung tambahan sehingga linggis sulit masuk dan gergaji tidak mempunyai ruang yang cukup untuk bergerak.

2. Gergaji. Biasa di gunakan jika maling mempunyai waktu yang cukup lama untuk membuka gembok. Misal ketika tidak ada orang dalam waktu cukup lama. Serangan gergaji ini bisa di cegah dengan memberikan perlindungan pada bagian shackle (closed shackle) seperti mencegah untuk linggis. Atau bisa juga dengan memberikan treatment khusus pada shackle sehingga menjadi kuat dan sulit/tidak bisa di gergaji. Contoh shackle dengan model hardened, boron shackle dan lain-lain. Tapi perlu di perhatikan, bahwa di pasaran banyak gembok yang bertuliskan "hardened" tapi sebenarnya adalah shackle tembaga  atau besi biasa yang di lapis krom. Jadi pilihlah merk gembok yang terpercaya, yang memang jika menulis Hardened benar2 dari logam yang sudah di treatment "hard" agar keras, lebih kerass dari gergaji umumnya.

Ganbar 5: Contoh gembok dengan hardened shackle ini akan sulit di gergaji, akan tetapi jarak yang luas antar shackle ke body membuat gembok ini mudah di serang dengan linggis.

3. Martil/ Palu. seperti di film kita sering lihat, palu di pukulkan di gembok dengan kuat dan gembok akan terbuka ke bawah. Cara ini biasa di gunakan jika gembok model biasa dengan bukaan kearah bawah, seperti gembok pada gambar 4 dan 5. Cara ini memamfaatkan sistem kuncian dalam body gembok yang mudah di rusak. Cara ini tentunya tidak bisa dipakai jika bagain dalam sistem kunci gembok tersebut cukup kuat. Maka dari itu memilih gembok dari merk yang bagus merupakan investasi yang berharga, karena gembok merk abal-abal biasa hanya memperhatikan bagian luar yang terlihat kekar dan bagus, sementara bagian dalam sistem kuncinya mudah di rusak dengan pukulan martil saja. Untuk menghindari serangan martil ini, kita juga bisa memilih gembok dengan bukaan yang tidak kearah bawah. Tapi bisa kesamping atau memutar, seperti model di bawah ini:

Gambar 6: Gembok dengan model buka shackle ke samping ini tidak bisa di buka paksa oleh martil, linggis dan gergaji.

4. Gunting rantai. biasa juga di sebut bolt cutter dalam bahasa inggris, Selain untuk memotong rantai alat ini biasa gi gunakan maling untuk menggunting gembok pada bagian shackle. Sama seperti gergaji, cara ini bisa di gunakan jika gembok mempunyai ruang yang cukup pada bagian shackle untuk di serang. Cara menahan serangan ini bisa menggunakan gembok dengan diamter shackle yang besar dan bahan hardened metal sehuinggal sulit di gunting. Tapi cara lain yang lebih efektif adalah mencegah gunting ini masuk ke shackle, karena ukuran gunting yang besar, sehingga ruang shackle yang kecil akan menyulikan gunting ini untuk masuk. Contoh pada gembok pada gambar 4 dan 6 bisa di ginakan untuk mencegah gunting menyerang shackle. Gembok model piringan "discus" juga merupakan pilihan yang bagus.
Gambar 7: gembok model piringan "discus" sulit untuk di gergaji, martil, linggis dan gunting rantai.


Sementara sekian dulu ya --- tips ini .bersambung ke post berikutnya.


*foto : Google. 




5 Komentar untuk "[TIPS] Pilih Gembok Pagar Rumah dan Toko yang Aman"

Boleh di jajal dengan gembok ini https://youtu.be/Hbs2-fkRYeg

ternyata gembok pintu ada banyak jenisnya ya... makasih infonya!

Sangat bermanfaat sekali gan infonya... thanks gan

ABLOY adalah brand Door Hardware spesialis bidang Padlock/Gembok. Made in Finland.

Keunggulan Produk ABLOY :
- Menggunakan Teknologi Rotating Disc Cylinder (door hardware,gembok,dll umunya masih menggunakan pin tumbler) dan masing-masing cylinder memiliki kode khusus sehingga untuk duplikasi kunci hanya bisa dilakukan di ABLOY Service Center Surabaya
- Master Key System and Grand Master Key System yang memungkinkan ABLOY door hardware,gembok,dll dapat diintegrasikan dengan 1 kunci dan cabang-cabang dibawahnya(info lanjut hub ABLOY Service Center Surabaya)
- Key Aliked memungkinkan 1 kunci dapat membuka >=2 produk ABLOY
- Pick Proof, Key Bumping Proof, Corrosion Resistant

Showroom - Konsultasi - Duplicate Key
ABLOY Service Center Surabaya
Villa Bukit Mas RF-09
P : 0821-190-77777(WA/LINE)
T : (031)5632756
F : (031)5632757
www.abloy.com

Untuk abloy pl350t/25 di harga berapa?

Back To Top