Blog untuk berbagi dan belajar.

Powered by Blogger.

[TIPS] Pilih Gembok yang tahan Kunci T

 Selain memilih gembok yang sudah di sarankan pada tulisan sebelumnya, ternyata masih ada lagi hal yang perlu di perhatikan dalam memilih gembok pengaman. Kata pihak kepolisian ada dua metode lagi yang biasa di gunakan maling di Indonesia.

Metoda pertama ialah kunci T. Karena tidak bisa mendapatkan gambar kunci T untuk gembok, jadi berikut adalah gambar kunci T untuk kendaraan bermotor. Karena pada dasarnya sama saja, hanya beda anak kuncinya.

(Gambar 1)  Kunci T yang biasa di gunakan maling kendaraan bermotor.

Perhatikan pada gambar 1 adalah foto kunci T yang biasa di gunakan maling untuk membuka pintu mobil atau starter motor. Perhatikan pula bahwa anak kunci pada kunci T bisa di ganti sesuai lubang kunci yang akan di masukinya. Untuk membuka gembok rumah, biasa bentuk anak kunci nya beda lebih gemuk dan berbentuk kotak, bukan pipih seperti pisau. Model gembok yang biasa menjadi sasaran kunci T ini adalah gembok merk abal-abal yang biasanya buatan China. 
(gambar 2) Gembok abal-abal.

Gembok abal-abal ini sering kita jumpai di supermarket besar, toko material, toko hardware ternama dan juga warung dekat rumah..hehehe. Harganya juga bervariatif dari yang 10rb sampai yang diatas 100rban. Merknya juga macam2, karena distributor disini bisa pesan merk jika pesan barang dalam jumlah besar dari China. Akan tetapi yang menjadi ciri khas gembok abal-abal ini adalah anak kunci yang bentuknya kotak, bukan pipih seperti anak kunci umumnya.

 (gambar 3) gembok abal2 dan anak kuncinya yang kotak.

Sebenarnya gembok model ini mengikuti gembok model merk gembok terkenal dengan sistem kuncian "rotating disc". Model asli dari merk gembok terkenal kuncian tipe ini akan sangat sulit di buka, walau dengan kunci T.  Namun karena banyak gembok buatan china ingin tampil keren tapi harga murah, maka banyak bagian selinder sistem kuncian dari rotating disc ini di buat dari plastik! bagian ini tidak akan bisa terlihat dari luar, karena hanya merupakan sistem selinder kunci di bagian dalam gembok, Yang terjadi jika ada maling ada memasukan kunci T ke dalam sistem ini, maka sistem selinder otomatis tidak akan berputar dan akan menahan kunci T. Akan tetapi begitu kunci T di paksa putar (fungsi kunci T memang untuk memaksa putar) maka selongsong selinder dari plastik yang seharusnya menahan kunci akan kalah, dan akhirnya gembok pun bisa dibuka,
Nah... masih mau beli gembok abal-abal?? Jika dana memang terbatas, misal kurang dari 50rb sebaiknya beli gembok China yang berukuran paling besar (agar tidak mudah di gunting) dan yang TIDAK menggunakan kunci model kotak seperi contoh diatas.

Metode kedua kata pihak kepolisian adalah menggunakan menggunakan cairan asam. Cairan asam ini biasa di sebut cairan setan. Caranya cairan ini di suntikan ke dalam gembok, lalu komponen metal dalam gembok akan rusak dan melunak. Sehingga sistem kuncian dapat dengan mudah di buka. Cairan setan ini juga biasa di gunakan maling  untuk mencuri sepeda motor.

Karena semua gembok yang bagus dan kuat terbuat dari logam, gak mungkin kita pakai gembok kaca atau dari keramik untuk mengatasi cairan setan ini. Memang aman dari cairan setan, tapi gemboknya di pukul batu aja pecah semua.. namanya juga kaca. :D untuk melawan cara terbaik melawan gembok tipe ini adalah dengan memperbanyak gembok yang di gunakan. Dengan banyaknya lapisan kunci gembok yang kita gunakan maka maling akan berpikir dua kali untuk membukanya, karena di butuhkan waktu yang berkali lipat lebih banyak dan resiko ketahuan akan semakin besar. Biasa maling akan menghindar jika gembok yang di pakai cukup banyak, dan mereka tidak punya banyak waktu. Pikir si maling "Yang masih pakai 1 gembok saja banyak, ngapain musti repot buka 2 gembok!?"

Silakan sharing pengalaman anda seputar keamanan rumah tangga di kolom komen di bawah, semoga kita bisa bersatu memerangin tindak pencurian.

Foto: Google
14 Komentar untuk "[TIPS] Pilih Gembok yang tahan Kunci T"

Kudu pake GEMBOK TAHAN SIKSA kayak gene http://youtu.be/D1PkA0gpNn8

oka tnk's bngt trik dan srannya yg manfaat bngt

Semalam toko habis dimalingi, kena TV cctv, monitor komputer & uang modal kasir pdhl mlm itu baru ditambahi mjd 3 gembok. Pas seminggu sblmnya sdh dirusaknya 1 bh gembok.

Semalam toko habis dimalingi, kena TV cctv, monitor komputer & uang modal kasir pdhl mlm itu baru ditambahi mjd 3 gembok. Pas seminggu sblmnya sdh dirusaknya 1 bh gembok.

workshop gw kemalingan ...gw pake gembok beli ditoko deket workshop merek ATS yg abal2 dibuka pake kunci T remek semua

Gembok American Secure 2nd Generation menjawab permasalahan Keamanan Anda https://youtu.be/Hbs2-fkRYeg

Kalo Pake Mul T Lock gimana ya? apakah bisa di jebol pakai kunci T ?

ABLOY adalah brand Door Hardware spesialis bidang Padlock/Gembok. Made in Finland.

Keunggulan Produk ABLOY :
- Menggunakan Teknologi Rotating Disc Cylinder (door hardware,gembok,dll umunya masih menggunakan pin tumbler) dan masing-masing cylinder memiliki kode khusus sehingga untuk duplikasi kunci hanya bisa dilakukan di ABLOY Service Center Surabaya
- Master Key System and Grand Master Key System yang memungkinkan ABLOY door hardware,gembok,dll dapat diintegrasikan dengan 1 kunci dan cabang-cabang dibawahnya(info lanjut hub ABLOY Service Center Surabaya)
- Key Aliked memungkinkan 1 kunci dapat membuka >=2 produk ABLOY
- Pick Proof, Key Bumping Proof, Corrosion Resistant

Showroom - Konsultasi - Duplicate Key
ABLOY Service Center Surabaya
Villa Bukit Mas RF-09
P : 0821-190-77777(WA/LINE)
T : (031)5632756
F : (031)5632757
www.abloy.com

Apakah Abloy punya katalog dan pricelist untuk produk2 yang dijual di Indonesia? Thx

Merk Abloy yg paling murah 500ribuan smp yg jutaan..wuihh.. lihat di ace hardware..ajibb

Merk Abloy yg paling murah 500ribuan smp yg jutaan..wuihh.. lihat di ace hardware..ajibb

Yang ane amsec 200 rb an jebol gan.

Beneran jebol?? Gimana ceritanya?

Back To Top