Blog untuk berbagi dan belajar.

Powered by Blogger.

[Tips] Cara aman test WR Water Resistant pada jam tangan.

Sebenarnya alat test water resistant buat jam tangan ada, alat tersebut dapat mentest jam tangan pada spesifikasi kedalaman tertentu, misal 50m, 100m atau 200m.
Namun tentunya alat tersebut berharga cukup mahal dan hanya service center jam tangan yang besar saja yang punya.
Berikut tips test WR ala kadarnya tanpa membahyakan mesin jam tangan anda.
1. Buka case back jam tangan, lepas crown, dan copot mesin dari casing jam.

2. Berikutnya, pasang kembali crown dengan rapat dan masukan potongan kertas kedalam casing jam. Sebaiknya gunakan potongan kertas yang mudah menyerap air dan terlihat jelas jika basah (seperti kertas koran).

3. Lalu tutup caseback belakang dengan rapat kembali. Jam ini sudah siap di test. Bisa di rendam dalam air gelas, gayung, atau dalam kolam 10m, 100m dan/atau dilaut dalam. Lamanya rendam ini juga tergantung kebutuhan, biasa 1 atau 2 jam sudah cukup menunjukan jika ada yang bocor. Bagian depan kertas ini sengaja saya tulis agar mudah dilihat jika basah, karena tintanya akan luntur.


4. Test yang lebih baik adalah jam tangan ini di test dengan pasang di tangan dan kemudian pakai berenang atau diving. Sesuaikan dengan kebutuhan jam ini nantinya, mau di pakai berenang, diving, atau hanya maen hujan saja.
5. Setelah waktu test selesai. Lihat dari luar apakah ada kertas yg basah tanda kebocoran casing jam? Jika tidak coba keringkan bagian luar casing, lalu buka case back jam, dan cek bagian kertas yang lain. Jika tidak ada yg basah, selamat anda punya jam yg aman dan cukup anti air sesuai dengan test yang di berikan. 
Jika ada yang bocor silakan ganti seal2 karet jam tangan, mungkin ada yang getas atau mungkin test yang anda berikan memang diluar batas spesifikasi jam tangan anda.

Selamat mencoba,
Tag : jamtangan, Tips, watch
3 Komentar untuk "[Tips] Cara aman test WR Water Resistant pada jam tangan."

wah keren gan tipsnya, ane coba di jam tangan ane dulu :)

Ok gan..kalau ada tips lain boleh di tambahkan atau di koreksi gan

Back To Top