Blog untuk berbagi dan belajar.

Powered by Blogger.

[TIPS] Poles kaca mobil untuk menghilang baret alias lecet

Hiyaaa.. udah lama banget gak nulis di MP. karena sedikit turorial dalam bahasa indo yg nulis tentang poles kaca ini,, saya coba tulis berdasarkan pengalaman mencobanya.
Baret atau lecet pada kaca biasanya sangat sulit di hilangkan jika tidak tau tekniknya,. pada kaca mobil baret biasa terjadi karena karet wiper yang sudah getas atau biasa menyalakan wiper saat kondisi kaca kering atau tidak kurang air.
selain baret cara berikut juga dapat di gunakan untuk menghilangkan jamur... ya iyalah,, baret aja bisa ilang apalagi jamur :D

Jika kaca baret, ga perlu kuatir,, ikuti tips berikut untuk menghilangkannya:
*. Siapkan alat sebagai berikut:



 * Perhatikan Gambar foto*
 1. Bubuk Poles Kaca bernama Cerium Oxide: ini adalah zat poles khusus kaca, bisa di beli di toko kimia atau di kaskus, kadang yg jual nyebutnya dengan nama "Ceria" atau "eser" dan lain-lain. warna serbuk ini biasa merah kecoklatan, namun saya dapat dan dipakai disini yg warna hitam, kata penjualnya sama saja,, hanya kadang ada variasi saja warna saja dari pabriknya. beli 100 gram saja cukup untuk seluruh kaca pada mobil kok.  :)
2. Alat poles, dalam hal ini saya memakai mesin bor, idealnya untuk memoles mengunakan mesin poles atau sender.
3. kabel panjang, untuk menyambung kabel mesim bor agar bekerja lebih leluasa.
4. Polish pad, tatakan untuk memoles Cerium oxida langsung ke kaca, gunakan bahan jenis "Felt" , bahan yg biasa di gunakan untuk karpet lapis box speaker sound sytem.
5. backing pad 3 inchi (model khusus untuk mesin bor), sebagai adapter untuk memasang felt ke bor. ukuran 3" di pilih karena paling pas untuk kaca, tidak terlalu besar seperti yg 5" dan tidak terlalu kecil.
6. Pompa Semprotan Air: Penting untuk membasahi kaca selama proses poles, agar kaca tidak panas. Isi air biasa saja.
7. lap katun: untuk mengelap kaca dan melihat perkembangan proses poles.
8. Spidol white-board: untuk memberi tanda bagian yg baret yg harus di poles, karena jika sudah kotor kena cairan poles, akan sulit untuk melihat bagian yg baretnya,
9. kaca mata pengaman: bekerja dengan alat yg berputar dengan tenaga besar sebaiknya selalu gunakan kaca pengaman.
10. masking tape/ lakban: untuk menutup bagian pinggir kaca, atau body modil agar tidak terkena cairan poles.
11. Sarung tangan (tidak ada di foto): agar tangan tidak kotor dan terhidar dari lecet akibat bekerja dengan bor dengan getaran dan tekanan tinggi,


LANGKAH PENGERJAAN:
Parkir mobil di tempat teduh dulu.. contoh berikut untuk menghilangkan baret wiper pada kaca depan.
1. Bersihkan kaca dengan air dari pompa semprot , dan lap hingga kering.
2. Lakban dengan masking tape bagian pinggir kaca yg tidak ingin terkena cairan poles, karena jika lama tidak di hapus nodanya akan sulit hilang.


3. Tandai bagian yg lecet dari bagian dalam dengan spidol.
jika terlihat dari luar bekas spidolnya seperti ini:
4. Periksa apakah ada bagian dengan lecet dalam atau lecet biasa. Caranya raba pakai kuku jari permukaan yg lecet, jika kuku jari sampai nyangkut di bagian yg lecet berarti lecetnya cukup dalam. lanjutkan langkah nomor 5 jika dalam, jika lecet  tidak terlalu dalam bisa langsung ke langkah nomor 6.

5. Amplas bagian yg lecet dalam dengan amplas halus, ingat harus yg cukup halus, jika amplas kasar akan menambah parah lecetnya, namun jika terlalu halus akan lama proses amplasnya.
arahnya memotong arah lecet. amplas hingga bagian yg kuku nyangkut menjadi tidak terlalu dalam. Jika kaca menjadi agak buram karena di amplas tidak apa, nanti akan hilang dengan proses poles menggunakan cerium oxide,

6. Masukan sedikit bubuk cerium oxide ke dalam wadah, dan kasih sedikit air dan aduk hingga kental. Semakin kental semakin kuat daya gerus/abrasif nya, semakin encer semakin berkurang daya abrasifnya, 

7. Pasang backing pad 3" pada mesin bor.

8. pasang Felt pada backing-pad:

9. Olesi alat poles dgn cairan cerium oxide, dan mulai memoles kaca dengan kecepatan pelan dahulu lalu perlahan di tingkatkan sampai max tidak apa.. karena kecepatan bor biasa sekitar 3500 RPM, sedangkan alat sender/poles bisa mencapai 30.000 RPM. Makanya pekerjaan ini akan lebih mudah dengan alat poles tersebut di banding dengan mesin bor.

10. Beri tekanan yg cukup agar proses poles kaca lebih cepat,, dan selalu gerakan alat poles sepanjang permukaan yg lecet. jangan diamkan alat poles di satu posisi pada kaca, hal ini akan membuat kaca bergelombang kerena permukaan yg tidak rata dan panas berlebihan akan mengakibatkan kaca retak.
11. Selalu basahi dengan sempotan air jika kaca yg poles mulai mengering, hal ini untuk menjaga temperatur kaca tetap adem,, dan menghindari kaca retak karena panas. tambahkan cerium oxide jika sudah habis .
12. Ulangi terus proses no:9 sampaii 11, hingga lecet benar2 hilang atau tidak kentara.

Selamat mencoba..

:) 
Tag : Otomotif, Poles, Tips
13 Komentar untuk "[TIPS] Poles kaca mobil untuk menghilang baret alias lecet"

kalo terima jadi berapa biayanya mas? ;p

Hehehehe.... gw cuma hobby aja iseng2 ngilangin baret kaca..
setau gw ada jasa poles kaca mobil buat ngilangin barek kok,,, tarifnya 250rb (utk mobil jepang).
karena gw udah punya alatnya,, tinggal beli cerium oxide cuma 25rb kemasan 100gram...
hehehe.. bisa di pakai berulang2 lagi,,,
:D

sip berarti gw maen ke rumah lo aja deh kalo mau ngilangin baret kaca sekaligus jamur ;p #memanfaatkanteman

sayangnya gw syuper sibuk... jarang di rumah bro... hahahahaha
:D

*nungguin di pos ronda*
*setia*

udah beduk magrib masih di pos ronda aja neng?? :D

nggak, ini lagi nunggu tukang sate, mau beli 200 tusuk

*ngumpetin bolong di punggung*

thanks atas artikel nya,mau saya coba

Wah susah jg mau beli alat bor lg....,tidak bisa pakai tangan aja mas......

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

pakai tangan juga bisa,,, tapi butuh tenaga dan waktu lebih lama.. bayangkan kalau bor bisa muter 3000RPM, tangan kita paling cepet cuma bisa muter 100an RPM

SILAHKAN DIPESAN MULAI DARI SEKARANG TIKET PAKET PERJALANAN ANDA UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH UMROH / UMROH PLUS TURKI / UMROH PLUS DUBAI / UMROH PLUS AQSHA / UMROH PLUS KAIRO & HAJI PLUS UNDANGAN RAJA.....
LABBAIK ALLAAHUMMA LABBAIK....
YAA ALLAH KAMI PENUHI UNDANGANMU UNTUK DATANG KERUMAHMU...

JADWAL UMROH 2015 –2016

15 APR15 UMROH MURAH
LANDING MADINAH 09 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

09 APR 15 UMROH PLUS TURKI
HOTEL*4/TURKISH 12 HARI = $2750 = SISA 25 SEAT

11 APR 15 UMROH PLUS DUBAI
12 HARI = $2600 = SISA 25 SEAT

15 APR 15 UMROH 2X JUMAT
12 HARI = $1850 = SISA 30 SEAT

15 APR 15 = UMROH 2X JUMAT
15 HARI = $1950 = SISA 30 SEAT

26 APR 15 UMROH MURAH
09 HARI = $1775 = SISA 40 SEAT

THN 2016
HAJI PLUS NON KOUTA
25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

07 MEI 15 UMROH MURAH
LANDING MADINAH = 09 HARI = $1800 = SISA 35 SEAT

11 MEI 15 UMROH PLUS AQSHO ISRA MIRA’J
13 HARI = $3400 = SISA 25 SEAT

13 MEI 15 = UMROH MURAH
09 HARI = $1800 = SISA 45 SEAT

13 MEI 15 UMROH PLUS TURKI
12 HARI = $2700 = SISA 25 SEAT

13 MEI 15 UMROH PLUS DUBAI
12 HARI = $2500 = SISA 25 SEAT

29 MEI 15 UMROH MURAH
09 HARI = $1800 = SISA 45 SEAT

13 MEI 15 UMROH 2X JUMAT
LANDING MADINAH 12 HARI = $1900 = SISA 30 SEAT

13 MEI 15 UMROH 2X JUMAT
LANDING MADINAH
15 HARI = $2000 = SISA 30 SEAT

TAHUN 2016
HAJI PLUS NON KOUTA = 25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

PAKET UMROH RAMADHAN 2015

18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
09 HARI = $2400 = SISA 30 SEAT

18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
12 HARI = $2600 = SISA 20 SEAT

18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
$2900 = SISA 15 SEAT

1 JUL 15 LAILATUL QADAR
09 HARI = $2600 = SISA 20 SEAT

1 JUL 15 LAILATUL QADAR
12 HARI = $2800 = SISA 20 SEAT

25 JUN 15 LAILATUL QADAR
15 HARI = $2900 = SISA 20 SEAT

11 JUL 15 AKHIR RAMADHAN
09 HARI = $2800 = SISA 20 SEAT

8 JUL 15 = AKHIR RAMADHAN
12 HARI = $3000 = SISA 20 SEAT

5 JUL 15 AKHIR RAMADHAN
15 HARI = $3200 = SISA 20 SEAT

18 JUN 15 FULL RAMADAHAN
30 HARI = $4000 = SISA 25 SEAT

5 JUL 15 ITIKAF RAMADHAN
15 HARI = $2400 = SISA 25 SEAT

17 DEC 15 UMROH PROMO
09 HARI = $1650 = SISA 45 SEAT

26 DEC 15 = UMROH TAHU BARU
09 HARI = $1700 = SISA 45 SEAT

15 JAN 16 UMROH PROMO
09 HARI = $1550 = SISA 45 SEAT

15 JAN 16 UMROH PROMO
12 HARI = $1675 = SISA 45 SEAT

15 JAN 16 UMROH PROMO
15 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

15 JAN 16 UMROH PLUS TURKI
12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

15 JAN 16 UMROH PLUS DUBAI
12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

15 JAN 16 UMROH PLUS CAIRO
12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

15 JAN 16 UMROH PLUS AQSHA
12 HARI = $2600 = SISA 30 SEAT

THN 2016 HAJI PLUS NON KUOTA
25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

23 FEB 16 UMROH PROMO
09 HARI = $1550 = SISA 45 SEAT

23 FEB 16 UMROH PROMO
12 HARI = $1675 = SISA 45 SEAT

23 FEB 16 UMROH PROMO
15 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

23 FEB 16 UMROH PLUS TURKI
12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

23 FEB 16 = UMROH PLUS DUBAI
12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

23 FEB 16 UMROH PLUS CAIRO
12 HARI = $2450 = 30 SEAT

THN 2016 HAJI PLUS NON KOUTA
25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT
Hubungi Segera Marketing Kami :
089650091317
Pin BB 54EE5486
DHONY HADI SYAHPUTRA

SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI
; http://donifatatour.blogspot.com/




SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK MEMANGGIL TIAP ORANG YANG MAMPU
MELAINKAN MEMAMPUKAN TIAP ORANG YANG TERPANGGIL, INSYA ALLAH DIANTARANYA ANDA..

Back To Top